Cara Mudah Install LAMP ( Linux, Apache, MySQL dan PHP ) di Ubuntu 20.04

 SampanTidung.com - Kali ini kita akan membangun server dengan sistem operasi Linux Distro Ubuntu yang versi terbaru nya yaitu Ubuntu 20.04 LTS. Sebelum kita memulai tutorial nya, kita perlu menyiapkan VPS/Dedicated Server atau layanan cloud yang lainnya. Jika kamu sudah memilikinya silahkan untuk mengistall sistem operasi Ubuntu 20.04 nya, sebagian besar layanan VPS maupun layanan sejenisnya sudah memfalitasi untuk memilih sistem operasi yang akan kita pakai. Kemudian tinggal kamu pilih Ubuntu 20.04 LTS karna tutorial kali ini adalah untuk sistem operasi tersebut, Tunggu proses penginstalan sampai selesai. 

Selanjutnya yang perlu kamu lakukan, silahkan untuk mengakses Ubuntu yang berhasil kamu install tadi melalui SSH dengan menggunakan aplikasi Putty. Untuk tutorial bagaimana menggunakan putty, silahkan untuk download Putty terlebih dahulu. ==> Windows atau MacOs.

menginstall LAMP di Ubuntu 20.04

Jika sudah, kita akan memulai untuk menginstall LAMP ( Linux, Apache, Mysql dan PHP ), Di atas kita sudah menginstall sistem operasi Linux selanjutnya kita akan menginstall Apache Web Server.

1.) Menginstall Apache Web Server

Langkah pertama untuk menginstall Apache, Silahkan akses Ubuntu lewat SSH bisa menggunakan Putty atau aplikasi sejenisnya. Web Server Apache adalah salah satu Web Server yang paling populer sekarang, Memiliki komunitas yang besar dan stabil, oleh karena itu banyak sekali pengguna sekarang

Install Web Web Server Apache melalui SSH :
$ sudo apt-get update
$ sudo apt install apache2
Tunggu dan ikuti langkah-langkah nya, jika sudah silahkan untuk cek apakah sudah berhasil terinstall atau belum dengan mengakses IP address di web browser http://Ip_address_kamu, jika tampilan nya menjadi Apache2 Ubuntu Default Page, maka kamu telah berhasil menginstall web server apache di Ubuntu 20.04 LTS.

Jika kalian menggunakan firewall UFW maka silahkan ikuti langkah berikut ini untuk mengizinkan Apache bisa berjalan di ubuntu kalian 
$ sudo ufw allow in "Apache"
$ sudo ufw status
menginstall LAMP di Ubuntu 20.04


2.) Menginstall Mysql

Selanjutnya kita perlu untuk menginstall MySql. MySql ini berfungsi sebagai pengolah database di server kita, Jadi jika ketika kita membuat website pasti kita butuh yang namanya database sebagai pengelola data website kita, Nah untuk itu kita perlu aplikasi MySql agar kita bisa membuat databasenya. Oke, kita akan memulai untuk menginstall MySql. Silahkan untuk mengikuti tutorial berikut ini :
$ sudo ufw allow in "Apache"
$ sudo apt-install mysql-server

Jika sudah maka akan pilihan (y/n) maka pilih y dan enter

Selanjutnya kita harus menginstall keamanan dari mysql kita agar database kita aman. Untuk melakukan nya silahkan ikuti langkah berikut ini.

$ sudo mysql_secure_installation

Maka nanti akan ada beberapa option silahkan untuk memberi perintah y atau masukkan password jika memang membutuhkan untuk memasukkan password.

Untuk masuk kedalam dan mengoperasikan MySql database silahkan ketikkan perintah berikut ini

$ sudo mysql

untuk keluar ketikkan

$ mysql> exit

3.) Menginstall PHP

Kita telah menginstall Apache sebagai web server dan Mysql sebagai pengelola database, selanjutnya yang perlu kita install adalah PHP. PHP inilah yang memproses data yang ada di mysql ke pemirsa atau lebih enaknya pengolah data dinamis di website. Untuk menjalankan PHP dengan MySQL kalian perlu untuk menginstall modul php MySQL dan juga apache php. Berikut adalah caranya :

$  sudo apt install php libapache2-mod-php php-mysql

Jika sudah selesai menginstall silahkan cek dengan menggunakan perintah :

$ php -v

Jika keluar version PHP nya maka kalian telah berhasil menginstall LAMP di dalam Ubuntu 20.04 LTS. Selanjutnya kita akan membuat sebuah website dengan membuat virtual host dan menginstall phpmyadmin juga. 

Jadi, itu aja untuk tutorial kali ini semoga bermanfaat dan membantu banyak orang, juga memberi pencerahan untuk kalian yang sedang kebingungan menggunakan VPS.

Artikel Terkait